Kuliner Khas Makassar yang Terkenal Kelezatannya

Pengertian Bisnis
Hal pertama kita bahas ialah pengertian bisnis. Pengertian bisnis adalah kegiatan penjualan barang atau jasa yang dilaksanakan oleh seorang, kelompok orang atau perusahaan kepada masyarakat dengan tujuan utamanya ialah meraup keuntungan. Dan sesungguhnya, kita mengerjakan bisnis apapun adalah memang bertujuan untuk meraup keuntungan yang besar.

Definisi Potensi Bisnis dan Peluang Bisnis
Potensi ialah sebuah kemampuan yang dapat diperoleh berdasarkan kemampuan internal kita dalam melakukan usaha yang apik. Potensi patut kita pahami untuk mendukung apa yang akan kita jalankan dari sebuah bisnis. Potensi ialah kemampuan internal dari pebisnis tersebut. Kemampuan yang pertama adalah jiwa sang pebisnis, sudah memiliki jiwa seorang pebisnis atau belum. Jiwa pebisnis harus berani untuk mengambil resiko dan bahaya, termasuk resiko untuk bangkrut dan rugi. Yang kedua ialah modal. Kita tidak dapat mengelak semakin besar modal yang dipunyai oleh seseorang maka semakin besar pula peluang untuk melaksanakan sebuah bisnis. Tetapi, modal bukan hal paling utama karena hal yang lebih utama adalah keinginan untuk berkomitmen dan belajar konsisten dalam menjalankan bisnis.

Sedangkan untuk peluang bisnis, selain mengandalkan potensi bisnis kita juga harus mengetahui tentang peluang bisnis tersebut dan menganalisanya dengan sangat baik. Definisi dari peluang bisnis baru bisa diketahui setelah kita menganalisa yang menyeluruh tentang bisnis tersebut. Peluang bisnis juga biasanya muncul saat seseorang mempunyai keinginan kuat untuk memulai bisnis walaupun dengan dana sekadarnya.

Nah, setelah mengerti pengertian bisnis, potensi dan peluang bisnis, maka sudah waktunya untuk mengulas ide bisnis yang mempunyai prospek bagus. Sebenarnya ada banyak sekali ide-ide bisnis yang mempunyai prospek bagus bila dijalankan di Indonesia, apalagi bisnis kuliner.

Jika melihat pasar Indonesia, tentu ada banyak sekali peluang usaha makanan yang bisa dijalankan oleh calon pebisnis yang menyukai usaha kuliner. Masyarakat Indonesia sangat terkenal konsumtif dibandingkan negara lain, termasuk dalam hal makanan. Dan Indonesia terkenal dengan jenis makanannya yang beraneka macam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama hingga makanan ringan. Harganya juga beragam mulai dari yang murah, hingga yang mahal.

Baca juga  Peluang Bisnis Roti Bolu Rumahan yang Memiliki Prospek Cerah
Bila tertarik mencoba bisnis di bidang makanan Indonesia, maka salah satu bisnis makanan yang perlu Anda coba adalah bisnis mie titi.

Mayoritas masyarakat Indonesia pasti sangat familiar dengan kuliner yang satu ini. Makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan sangat mudah ditemui dimana saja. Kuliner ini mempunyai banyak penggemar, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang yang sudah tua.

Mengapa Bisnis Mie Titi?
Indonesia adalah negara dengan tingkat konsumsi mie terbesar nomor dua di dunia setelah Tiongkok. Bahkan sekarang mie telah menjadi makanan utama kedua setelah beras. Sangat banyak olahan makanan dengan bahan dasar mie yang dijadikan sebagai ladang bisnis, salah satunya adalah mie titi.

Kesempatan usaha mie titi sangatlah bagus dan memberikan banyak keuntungan serta target pasarnya pun sangat luas. Usaha mie titi adalah bisnis yang tidak akan pernah mati karena penikmat makanan ini sangatlah banyak dan tersebar dimana-mana. Sekalipun telah banyak yang berjualan mie titi, tetapi penggemar mie titi tidak akan pernah berkurang bahkan semakin bertambah terus.

Bisnis mie titi ini memiliki prospek yang bagus untuk jangka waktu yang lama, bahkan usaha mie titi ini telah menciptakan banyak pengusaha yang sukses.

Dengan kelebihan-kelebihan usaha mie titi, maka tidak aneh jika banyak pelaku bisnis baru yang berhasrat untuk memulai usaha mie titi ini. Tetapi sebelum memulai usaha ini, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan.

Beberapa Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Usaha Mie Titi

1. Modal Usaha
Kekurangan modal usaha adalah perkara yang sering mucul ketika hendak memulai sebuah bisnis. Ada banyak cara untuk menutupi kekurangan modal awal usaha, seperti dengan mencari rekan kerja yang dapat diajak bekerja sama, mencari pinjaman ke koperasi atau bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

2. Lokasi Usaha
Pilihlah tempat usaha yang banyak pengunjungnya atau tempat yang dilewati banyak orang. Saat memilih lokasi bisnis juga harus untuk memperhitungkan modal yang nantinya akan dikeluarkan. Contoh lokasi bisnis kuliner yang strategis seperti di sekitar sekolah atau kampus, wilayah perkantoran, pasar, mal, permukiman dan tempat wisata.

Baca juga  Melirik Potensi Usaha Donat Goreng di Rumah
3. Menu Favorit
Sebelum memulai bisnis, seharusnya melakukan survei menu yang beredar di pasaran terlebih dulu. Lalu, pilihlah menu yang paling populer. Namun bila ingin mengurangi jumlah persaingan, pilih menu yang spesial dan belum banyak dijual. Namun opsi menu tersebut harus disesuaikan dengan target pasar.

4. Target Pemasaran
Salah satu faktor kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis makanan dan minuman yaitu menyesuaikan jenis usaha dengan target pasar. Meskipun produk dijual dengan harga murah, tetapi tidak sesuai dengan selera konsumen maka hal ini dapat menjadi masalah.

5. Sikap Kepada Konsumen
Penting untuk menjaga sikap ataupun perilaku saat menghadapi pembeli, semakin Anda ramah dan sopan maka semakin banyak pembeli yang berkeinginan menjadi pelanggan.

Demikian penjelasan tentang bisnis mie titi yang bisa dijadikan sebagai panduan bisnis makanan yang akan Anda jalankan. Semoga bisnis apa saja yang Anda kerjakan bisa sukses dan membawa kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-mie-titi/
https://ramesia.com

Cara Membuat Sari Buah Mangga Segar dan Nikmat


Sari buah merupakan cairan yang diperoleh dari penghancuran buah segar yang telah masak. Pada dasarnya sari buah ada 2 macam, yaitu :

1) Sari buah encer yang dapat langsung diminum, yaitu cairan buah yang didapat dari pemersan buah, setelah itu dilanjutkan dengan tambahan air dan gula pasir.

2) Sari buah kental / Sirup, adalah cairan yang dihasilkan dari pemerasan daging buah dan diteruskan dengan pemekatan, bisa dengan proses pendidihan biasa maupun menggunakan cara lain semisal penguapan dan lain-lain.

Sirup ini tidak dapat langsung diminum, tetapi harus diencerkan dulu menggunakan air putih. Buah-buahan yang sering diolah menjadi sari buah atau sirup antara lain : asam, jahe , nangka, markisa, kueni, tomat, wortel, sirsak, mangga, jambu biji, pisang, pala semua jenis jeruk, dan lain-lain. Sari buah ataupun sirup buah dapat tahan selama sekitar 3 bulan.

1. Bahan yang Diperlukan
1) Buah mangga yang Masih Segar : 5 kg
2) Gula pasir halus kusus untuk sirup 1 ¼ kilo gram : 125 gram
3) Asam sitrat : 3 gr / lt sari buah
4) Natrium benzoat : 1 gr
5) Garam : 20 gram
6) Air putih seperlunya

2. Alat yang Dibutuhkan
1) Pisau
2) Panci
3) Parutan kelapa
4) Pengaduk
5) Tungku atau kompor
6) Wadah dan tutup yang telah disterilkan
7) Kain saring atau kain blacu
8) Corong
9) Baskom

3. Cara Membuat Sari Buah Mangga
1) pakailah buah mangga yang sudah tua, segar dan masak kemudian bersihkan dengan air bersih;
2) Potong buah mangga sampai menjadi kecil-kecil;
3) Parut buah mangga hingga menjadi bubur; * Kemudian pisahkan airnya
4) Tambahkan air, gula pasir, natrium benzoat, asam sitrat dan garam dapur. Perbandingan sari buah mangga dengan air yaitu sebagai berikut :
– Buah mangga (untuk satu liter sari buah mangga campur dengan 1 ½ liter air)
5). Campur hingga rata. Selanjutnya pengerjaan pembuatan sari buah mangga (6-9) :
6) Saring campuran tersebut menggunakan saringan;
7) Masukkan hasil saringan ke dalam wadah kemudian tutup rapat. Endapan hasil penyaringan dapat digunakan untuk bahan pembuatan jajanan dodol, selai, dan lain sebagainya;
8) Masukkan wadah yang telah ditutup rapat dalam air mendidih selama 30 menit;
9) Angkat wadah tersebut lalu segera dinginkan.

Baca juga  Cara Membuat Sari Buah Kemasan
Gunakanlah berbagai jenis mangga, kemudian proses masing-masing dengan cara terpisah, lalu gabungkan minuman jusnya untuk membuat cita rasa yang bervariasi dan lihat perbedaan dari warna buah mangga.

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Es Tebu untuk Diabetes

Peluang Bisnis Restoran Korea di Indonesia

Ingin Membuka Bisnis Makanan