Mesin Espresso Kopi Terbaik

Khusus untuk Anda yang ingin serius menggarap potensi pasar minuman kopi espresso, jangan beranjak. Kami telah merangkumkan berbagai informasi yang penting untuk Anda ketahui sebelum menjalankan bisnis coffee shop.

Tentang Kopi Espresso

Secangkir Espresso Kopi
Langkah pertama yang harus Anda ketahui sebelum meracik minuman ini adalah mengetahui ciri khasnya. Meskipun sangat banyak penggemar espresso, akan tetapi tak sedikit yang tidak mengetahui perbedaan antara jenis minuman ini dengan kopi seduh biasa.
Apa saja ciri dari kopi espresso yang membedakannya dari kopi reguler? Inilah ulasannya untuk Anda.

Jumlah Takaran

Mungkin Anda familier dengan istilah shot pada espresso? Istilah ini memang digunakan karena merujuk pada jumlah yang lebih sedikit dibandingkan secangkir kopi reguler. Jika untuk secangkir kopi seduh biasa Anda bisa mendapatkan takaran 240 ml, maka espressohanya sekitar 45 ml saja.

Tingkat Kehalusan Bubuk Kopi

Berbeda dengan kopi yang diseduh dengan cara dripespresso menggunakan biji kopi yang digiling hingga mencapai tingkat halus. Bila dipegang, partikel bubuk kopi terasa seperti gula halus. Halusnya bubuk kopi ini jugalah yang memengaruhi kepekatan kopi espresso.

Kadar Kafeina

Bila dibandingkan, secangkir espresso memiliki kandungan 64 mg kafeina. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan segelas kopi reguler. Meskipun bila mempertimbangkan banyaknya takaran secangkir kopi reguler, tingkat kafeinanya bisa sebanding.

Karakteristik Kopi

Kental, pekat, dan dilengkapi dengan lapisan yang creamy di bagian permukaanya. Itulah ciri yang tampak dari secangkir espresso. Dibandingkan dengan kopi reguler yang cair, penikmat kopi akan lebih memilih menikmati secangkir espresso.

Durasi Brewing

Untuk mendapatkan secangkir kopi reguler, Anda harus menunggu 4 hingga 6 menit. Lain halnya dengan secangkir espresso yang hanya memerlukan waktu paling lama 30 detik saja.

Cita Rasa

Rasa kopi yang kuat dan dominan bisa Anda temukan pada secangkir espresso. Kadar kafeina yang tinggi menjadikan espresso adalah pilihan terbaik untuk mereka yang memiliki intensitas kerja yang padat.  

Mesin Kopi Vending


Jenis Kopi yang Bisa Dihidangkan Mesin Kopi Vending

Mesin kopi vending mempunyai fitur peracikan yang menyerupai tenaga barista. Untuk varian rasa pada mesin kopi ini, Anda bisa menentukannya berdasarkan bahan dasar yang dipersiapkan. Untuk bisa menghasilkan kopi, Anda tinggal menyiapkan bahan berupa air minum, biji kopi, creamer, dan cokelat.  
Lalu, apa saja varian rasa kopi modern yang bisa disiapkan oleh mesin kopi vending ini. Kami siapkan ulasannya berikut ini.
  • Americano

Meskipun jenis kopi ini dibuat tanpa kombinasi tambahan selain biji kopi, akan tetapi kadar kafeinanya terbilang lebih rendah ketimbang espresso. Alasannya karena, kopi americano menggunakan volume air yang jauh lebih banyak.
Kopi ini memang dibuat untuk orang yang ingin merasakan kopi secara murni tapi ingin meminimalisasi efek kafeina. Jadilah dengan porsi gelas yang lebih besar, americano aman untuk penikmat kopi.
  • Espresso

Paling kental dan juga sangat pekat. Itulah ciri khas dari espresso. Kopi modern yang satu ini dibuat dari biji kopi murni yang diekstrak. Jenis biji kopi akan menentukan tingkat kekentalan dan finishing taste dari kopi ini. Namun yang pasti, rasa pahit adalah yang mendominasi kopi espresso.
Untuk penyajiannya, secangkir espresso kerap disebut sebagai shot. Alasannya karena porsi espresso hanya secangkir kecil saja. Menghabiskannya pun bisa dengan sekali tenggak, bagi mereka yang kuat dan terbiasa mengonsumsinya.
Mesin Kopi Vending Espresso
Perlu diingat, karena kopi ini murni maka kadar kafeinanya pun sangat tinggi. Orang yang tak terbiasa berisiko merasa pusing atau mual. Namun, bagi penikmat kopi espresso justru memberikan kenikmatan tersendiri.
  • Cappuccino

Bisa dikatakan jenis kopi modern inilah yang paling populer diantara yang lain. Saking populernya, cappuccino merupakan kopi modern dengan merk instan terbanyak di tanah air.
Kopi ini memiliki asal usul penamaan yang cukup unik. Karena kopi ini memiliki campuran susu dan ditambahkan milk foam di atasnya, maka tampilan kopi seperti memakai topi (cap). Itulah mengapa kopi ini kemudian disebut sebagai cappuccino.
Pada kopi cappuccino, kadar susu, foam, dan kopi dicampurkan dengan perbandingan yang sama. Hasilnya, rasa creamy milk coffee yang cocok di lidah kebanyakan orang. Rasa inilah yang membuat orang yang tadinya kurang menyukai kopi seduh biasa, lambat laun menikmati cita rasa kopi setelah mencicipi cappuccino.
  • Mochaccino

Inilah kopi modern yang berasal dari kombinasi antara cokelat dengan kopi. Rasanya, manis dan pahit yang menggugah selera. Kopi ini secara khusus diracik untuk para penggemar cokelat untuk bisa merasakannya di dalam secangkir kopi.
  • Café Mocha

Pada dasarnya, minuman ini adalah mochaccino yang ditambahkan susu steam ke dalamnya. Campuran ini jauh lebih manis, karena paduan dari cokelat dan susu steam yang mengurangi kuatnya kopi. Jenis kopi ini snagat ringan dan cocok untuk mereka yang jarang mengonsumsi minuman berkafeina ini.
  • Café Latte

Sebutan lokal untuk jenis kopi modern ini adalah kopi susu. Sumber rasa susu dari latte adalah foam yang dihasilkan dari proses steam. Minuman kopi modern ini mungkin paling banyak disukai oleh kalangan wanita yang ingin mencicipi kopi tapi tak terlalu suka dengan rasa pahit.

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Es Tebu untuk Diabetes

Peluang Bisnis Restoran Korea di Indonesia

Ingin Membuka Bisnis Makanan